Musik Sebagai Sarana Mengubah Mood

Di bawah ini ada 11 langkah untuk menjadikan musik sebagai sarana mengubah “mood” anda menjadi lebih baik dan menyembuhkan penyakit dari dalam. Langkah-langkah ini sangat baik diterapkan oleh mereka yang memerlukan penyembuhan dari berbagai mood yg buruk, terutama spiritual dan sedang dalam suatu rangkaian meditasi.

1. Pilih musik yang cocok

Kebanyakan dari kita akan memilih musik yang kita sukai, namun dalam kenyataannya musik yang tidak kita sukai bisa jadi dapat memberikan pengaruh positif, jika dimainkan dalam rangkaian yang tepat. Hal ini tidaklah mudah, karena anda harus mencoba untuk mendengarkan berbagai komposisi musik untuk mengetahui pengaruhnya pada perasaan anda.

2. Pertimbangkan Rangkaian Musik

Terkadang penting untuk memilih musik bukan berdasarkan ‘mood’ yang ingin anda dapatkan, tetapi berdasarkan ‘mood’ yang saat ini anda rasakan. Aturlah beberapa seri komposisi musik yang berbeda-beda untuk kebutuhan anda. Gunakanlah untuk suatu proses tertentu. Contohnya, jika anda berurusan dengan depresi, pilihlah komposisi yang bernuansa depresi dalam bentuk yang paling ekstrim untuk anda. Lanjutkan dengan komposisi lainnya yang bernuansakan perasaan depresi yang lebih ringan. Kemudian pilihlah komposisi yang netral, dan akhiri dengan komposisi yang memberi semangat dan memotivasi. Mendengarkan musik dengan cara seperti ini membuat anda menyadari keadaan anda dan mampu mengubahnya secara bertahap.

3. Lebih baik menggunakan speakers

Lebih ideal mendengarkan musik melalui speakers dibanding dengan headphones. Dengan speakers, sel-sel tubuh seluruhnya dapat “mendengarkan” suara dan ikut menikmatinya.

4. Persiapkan diri untuk mendengarkan

Lepaskan sepatu anda, longgarkan pakaian, duduk atau berbaring dengan santai, dan bernafaslah dengan teratur.

5. Dengarkan musik secara utuh

Lebih baik jika anda mendengarkan komposisi musik secara utuh, tanpa gangguan. Hal ini akan mempermudah anda menyadari kondisi diri.

6. Musik tidak sebagai latar belakang

Kita cenderung mendengarkan musik sebagai latar belakang dalam berkegiatan. Cobalah membangun teknik-teknik mendengarkan musik tanpa melakukan hal-hal lain. Dengan menggunakan cara ini, anda bisa mengoptimalkan manfaat yang anda peroleh.

7. Tanggapilah perasaan anda

Adalah lewat tanggapan anda, masalah-masalah emosi dapat dibebaskan. Jangan sekedar berdiam diri dan hanya mendengarkan. Dalam kenyataannya, apabila musik tersebut mempengaruhi anda untuk segera bergerak, lakukanlah sesuatu sesuai nurani anda.

8. Dengarkan dengan aktif

Biarkan musik mencapai perasaan anda yang terdalam. Setiap orang memiliki cara berekspresi yang berbeda-beda, sehingga anda bebas mengekspresikan perasaan yang muncul dengan bermacam kegiatan positif atau boleh juga dengan tidur dan beristirahat.

9. Amatilah koneksi tubuh anda

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa ada hubungan yang jelas antara pikiran dan badan (sebenarnya hal ini juga merujuk pada emosi, namun untuk mempersingkatnya, dalam konteks ini emosi disatukan dengan pikiran). Walaupun penyembuhan lewat musik sering dihubungkan dengan relaksasi emosional, namun banyak pula yang telah membuktikan bahwa musik dapat menyembuhkan penyakit fisik.

10. Nikmati keheningan

Saat musik berhenti, disarankan sebaiknya anda mengkonsentrasikan diri dalam keheningan untuk beberapa saat. Hal ini akan membantu memadukan perasa materi referensi.

Sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090623022201AALpVhM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s